4 Fakta Polisi Tangkap Tersangka Penipuan Modus Janjikan Lolos Seleksi Akpol

Liputan6.com, Jakarta – Pelaku penipuan dengan modus dapat meloloskan seseorang masuk pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol) berhasil diciduk jajaran Polres Metro Depok. Atas perbuatannya, tersangka Daud Yanuar (31) membuat korbannya merugi hingga Rp 6,1 miliar. 

“Uang tersebut dibayarkan secara cash sebesar Rp350 juta dan Rp1.250.000.000, dibayar melalui transfer kepada tersangka,” kata Wakasat Reskrim Polres Metro Depok, AKP Markus Simaremare kepada Liputan6.com, Jumat, 10 November 2023. 

Merasa dibohongi, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polres Metro Depok. Saat ini tersangka Daud telah diamankan. Dari keterangannya, janji kepada korban untuk bisa lolos seleksi Akpol telah dilakukan sejak Juni 2021 lalu. 

“Sejak Juni 2021 korban dan tersangka sudah berkomunikasi bisa meloloskan anak korban seleksi Akpol,” ungkap Simaremare.

Atas perbuatannya, tersangka kini dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan atau 372 KUHP tentang penggelapan. Dan untuk menguatkan jeratan pasal tersebut, Polres Metro Depok akan mengumpulkan sejumlah keterangan dan bukti.

Menyikapi adanya modus penipuan agar lolos seleksi Akpol tersebut, Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Kompol Hadi Kristanto mengimbau agar masyarakat tidak tergoda dengan para oknum yang menjanjikan kelulusan. 

Hadi juga menegaskan bahwa seleksi Akpol dapat diikuti secara gratis alias tanpa dipungut biaya.

Berikut sederet fakta Polres Metro Depok tangkap tersangka modus penipuan untuk loloskan seleksi Akpol dihimpun dari Liputan6.com:

Quoted From Many Source

Baca Juga  Mantan Ketua KPK: Kualitas Kenegarawanan Hakim MK Dipertaruhkan di Sidang PHPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *