BMKG: Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Jakarta hingga Papua Selama Sepekan ke Depan

Liputan6.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem periode 3-10 Januari 2024 ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan, pihaknya telah mencermati perkembangan potensi cuaca hingga pertengahan Januari 2024. Hasilnya, beberapa wilayah dari Jakarta hingga Papua diprediksi mengalami cuaca ekstrem.

“BMKG terus melakukan update monitoring kondisi cuaca untuk mengantisipasi peningkatan cuaca ekstrem, dan berdasarkan analisis terkini diidentifikasi hingga sepekan ke depan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah,” kata Guswanto dalam keterangan resmi, diterima Rabu (3/1/2024).

Guswanto menyampaikan, potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah antara lain disebabkan oleh Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan yang mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.

Selain itu, ada aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO) yang saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan ke depan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

“Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktifitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari ke depan,” katanya.

 

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek dan Banten mulai 29 Desember besok.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Dalih Ibu Tiri di Tangerang Aniaya Balita hingga Alami Trauma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *