Bukti Kinerja ASN Makin Profesional, Pemkot Tangsel Raih 2 Penghargaan Predikat Tertinggi Anugerah Meritokrasi KASN 2023

Hal senada disampaikan Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto, pelaksanaan Anugerah Meritokrasi merupakan wujud keteguhan KASN dalam mengawal pengawasan penerapan sistem merit di tengah masa transisi. Disahkannya UU No. 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara mengubah manajemen ASN secara substansial.

“Penting bagi kita untuk memastikan bahwa perubahan ini mendukung penguatan, bukan pelemahan sistem merit. Perubahan ini termasuk mengalihkan fungsi pengawasan sistem merit dari KASN ke instansi lain.” ujarnya.

“Meskipun demikian, kami akan terus mendorong keberadaan fungsi pengawasan sistem merit yang efektif di masa depan untuk menjaga keberlanjutan meritokrasi,” ungkap Agus saat membuka acara.

Agus juga menyinggung perubahan lingkungan politik saat ini, seperti pemilu serentak dan pergantian pemerintahan. Hal ini menurutnya akan mempengaruhi penerapan sistem merit, khususnya terkait dengan aspek netralitas, kode etik dan perilaku ASN.

Ia menekankan bahwa para ASN perlu waspada terhadap risiko peningkatan pelanggaran netralitas ASN selama tahun politik berlangsung dengan melakukan langkah mitigasi yang tepat.

“Netralitas bukan sekadar kepatuhan terhadap regulasi, tetapi juga pemeliharaan kepercayaan publik terhadap lembaga pemerintahan. ASN harus menghindari politik,” tutupnya.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Cuaca Indonesia Hari Ini Jumat 16 Februari 2024: Siang Nanti Waspada Bakal Hujan Petir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *