Check This Out! Segini Biaya Kuliah di Universitas Terbuka!

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan menjadi hal yang utama bagi manusia, agar lebih memahami masa depan. Nah bicara tentang pendidikan, perguruan tinggi khususnya, salah satu yang jadi pertimbangan buat melanjutkan kuliah adalah soal biaya pendidikan. 

Yup, mau menempuh pendidikan berkualitas tapi harga yang bersahabat dan tetap bisa bekerja sambil kuliah. Itu kan yang kalian mau? Jika kalian mencari hal tersebut, Universitas Terbuka (UT) jawabannya! 

Kenapa UT jawabannya? Bijaksabara Hikmawan selaku International Relation and Partnership Staff Universitas Terbuka memberikan jawaban realistisnya, saat hadir di acara Kapanlagi Buka Bareng (KLBB) BRI Festival 2024. 

“UT adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) rasa swasta karena fleksibel banget. Jadi sangat memungkinan di UT untuk bisa tetap bekerja dan ngejalanin hobinya, tapi juga sambil kuliah. Di UT, kalian nggak akan terhalang jadwal kuliah karena bisa menyesuaikan sendiri jadwal kuliahnya,” kata Bijak, Sabtu (23/3). 

Artinya, ketika kamu memilih kuliah di UT, nggak ada yang namanya batasan usia. Sesuai dengan misi UT, yaitu mengembangkan budaya belajar sepanjang hayat. Selain nggak ada batasan usia, misi UT yang lain yaitu meningkatkan pemerataan akses pendidikan yang berkualitas di dunia. 

Untuk mewujudkan pemerataan akses pendidikan, UT sebagai Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh, di samping perkuliahan yang fleksibel, UT juga menawarkan biaya pendidikan yang terjangkau. 

“Jika masuk di UT, nggak ada seleksi atau tes masuk sama sekali. Jika masuk di UT, biaya pendidikannya hanya di kisaran Rp1-3 jutaan per semester, sudah termasuk uang buku dan nggak ada sumbangan apa-apa lagi,” ujar Bijak. 

Meskipun biayanya sangat terjangkau, tapi terbukti banyak tokoh atau publik figur yang memilih menempuh kuliah di kampus yang kini berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). Lagi-lagi alasannya karena perkuliahan yang fleksibel. 

“Jadi pasti banyak yang tanya masuk UT terpercaya nggak? Siapa saja alumninya? Ada banyak nama-nama tokoh atau publik figurnya karena mereka tetap harus meniti karier, tapi juga harus mengenyam pendidikan berkualitas,” katanya. 

Bijak pun menyebutkan mereka adalah para aktris muda berbakat seperti Angga Yunanda, Rey Mbayang, Arumi Bachsin, Moeldoko, Tina Toon. Selain itu, juga ada Anang Hermansyah, Tamara Geraldine, Joshua Suherman, Bonita, , Bamsoet, Andika Perkasa, dan masih banyak lagi! 

Nah, buat kamu yang tertarik buat bisa kuliah fleksibel di UT, cara mendaftarnya gampang banget! Bijak menjelaskan kalau UT membuka pendaftaran dua kali dalam setahun, yaitu pada Januari-Maret dan Juni-Juli. Untuk mendaftarnya, bisa dilakukan secara online melalui admisi-sia.ut.ac.id 

“Jadi bisa langsung daftar, isi data diri, upload berkas yang dibutuhkan, dan bayar uang registrasi cuma Rp100 ribu,” katanya. 

Sekadar informasi, sebelumnya UT menjadi salah satu salah satu sponsor di acara Kapanlagi Buka Bareng (KLBB) BRI Festival 2024 yang digelar di Plaza Timur, Senayan. KLBB BRI Festival 2024 merupakan festival Ramadan terbesar di Jakarta. Acara tersebut digelar selama dua hari, yaitu pada 23-24 Maret 2024. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia itu menghadirkan talkshow seru dan membuka booth yang menjadi pusat informasi bagi para pengunjung, untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai UT. 

 

(*)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Protes Eskalator Mati, Pengguna KRL di Stasiun Bekasi Bawa Karangan Bunga dan Replika Makam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *