Digelar Meriah, HUT Ke-44 Dekranas & HKG Ke-52 PKK di Solo Bakal Dihadiri Ibu Negara

Liputan6.com, Solo Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wury Ma’ruf Amin diagendakan bakal hadir dalam acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Acara tersebut akan digelar meriah di Solo, Jawa Tengah (Jateng), pada 15-18 Mei 2024. 

Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian mengatakan, Kota Solo sudah dipilih sebagai lokasi peringatan HUT ke-44 Dekranas sejak Mei tahun lalu. Adapun tuan rumah acaranya yakni Dekranasda Provinsi Jawa Tengah.

“Akan mengundang seluruh pengurus, mengundang Ibu Negara, Ibu Ketua Umum Dekranas yaitu Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), pengurus pusat Dekranas, juga ketua-ketua Dekranas maupun Ketua PKK seluruh Indonesia,” kata Tri Tito Karnavian kepada awak media di Lobi Stadion Sriwedari, Laweyan, Solo, Jateng, Minggu (12/5).

Tri menambahkan, acara perayaan HUT ke-44 Dekranas dan peringatan HKG ke-52 PKK diselenggarakan secara bersama karena pertimbangan efisiensi waktu dan tempat.

“HUT Dekranas dirayakan tiap 3 Maret, HKG PKK tiap 4 Maret. Kebetulan saya Ketua Harian Dekranas sekaligus Ketua Umum PKK, untuk efisiensi dalam segala hal, kami memutuskan untuk mengadakan kedua acara itu satu tempat yang sama di Solo dan dalam waktu yang sama juga,” ujar Tri.

Selain itu, Tri juga menyampaikan bahwa kedua acara perayaan ini digelar dengan sangat berbeda dari tahun sebelumnya di Medan, Sumatera Utara. Perayaan kali ini dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan yang akan menghimpun lebih banyak orang. Sebab, selain parade, juga akan ada berbagai pameran dan panggung kesenian dalam acara tahun ini.

“Acara dimulai pada 15-18 Mei 2024, tapi pada malam 14 Mei 2024 akan ada makan malam bersama di Pracima Tuin Mangkunegaran, yang akan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wakil Presiden Wury Maruf Amin,” kata dia.

Baca Juga  Jokowi Bertolak ke Tanah Air Usai Hadiri KTT ASEAN-Australia di Melbourne

Sementara saat ditanya wartawan terkait alasan pemilihan Solo sebagai tempat penyelenggaraan acara, Tri menjawab bahwa menurut pihaknya Solo adalah tempat yang mudah dijangkau oleh banyak daerah lainnya di Indonesia. Selain itu, secara sarana dan prasarana pendukung, Solo dinilai sangat layak dan siap untuk menggelar perhelatan besar.

“Sebelum-sebelumnya, acara seperti memang kami dari pusat yang menentukan. Dan lebih sering digelar di Jakarta. Tapi karena pandemi Covid kemarin yang menurut kami banyak terdampak adalah perajin-perajin di daerah, maka kami adakan di daerah, yaitu di Medan. Dan selesai dari Medan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meminta agar tuan rumah selanjutnya adalah Jawa Tengah khususnya Solo, maka kami gelar di Solo,” ujar Tri.

Dalam kesempatan itu, Tri pun meminta maaf kepada masyarakat Solo karena selama gelaran itu Solo akan dipadati pengunjung dari berbagai daerah seluruh Indonesia. Ia juga berharap masyarakat Solo dapat terhibur serta berpartisipasi dalam perayaan HUT ke-44 Dekranas dan peringatan HKG ke-52 PKK nantinya.

Berikut Rangkaian HUT ke-44 Dekranas di Solo:

1. Syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Solo, Rabu (15/5).

2. Parade mobil hias, kriya, dan budaya Dekranas di Stadion Sriwedari-Balai Kota Solo, Rabu (15/5).

3. Peragaan busana kain nusantara di Taman Sriwedari, Solo, Rabu (15/5).

4. Expo produk UMKM binaan Dekranas dan Dekranasda di Pamedan Pura Mangkunegaran, Rabu – Sabtu (15-18/5).

5. Malam puncak HUT Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kamis (16/5).

6. City tour di Kota Solo, Jumat (17/5).

7. Acara penutupan HUT Dekranas di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (18/5).

Baca Juga  Soal Peluang Jokowi dan Gibran Gabung Golkar, Airlangga: Sudah Jelas Itu

Berikut rangkaian acara HKG ke-52 PKK di Solo:

1. Jambore Nasional Kader PKK pada 14-16 Mei 2024 pukul 09.00-selesai.

2. Lomba Paduan Suara PKK Nasional. Lomba ini akan diikuti oleh PKK Provinsi seluruh Indonesia pada 14 Mei 2024 di Gedung Kesenian Balekambang.

3. Lomba Memasak Menu Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non-Beras pada 14 Mei 2024 di Gedung Gastronomi yang diikuti oleh Pengurus TP PKK Provinsi.

4. Lomba Senam Kreasi 6 Langkah Cuci Tangan diikuti oleh perwakilan pengurus TP PKK tingkat Provinsi pada 14 Mei 2024 di Amphitheater Puro Mangkunegaran.

5. Welcome Dinner yang akan diikuti seluruh peserta dan para undangan pada 14 Mei 2024 pukul 19.00-21.00 di Pracima Tuin Pura Mangkunegaraan.

6. Lomba Parade Budaya Nusantara pada 16 Mei 2024 mulai pukul 14.30-18.00, diikuti 25 orang peserta defile dari masing-masing provinsi. Titik start di Stadion Sriwedari dan finish di Balaikota Solo.

7. Lomba Kreasi Jingle “Gelari Pelangi” di Taman Balekambang pada 16 Mei 2024, pukul 08.00-selesai yang diikuti perwakilan pengurus TP PKK Provinsi.

8. Lomba Cerdas Cermat Kader PKK yang diikuti perwakilan pengurus TP PKK Provinsi pada 16 Mei 2024 mulai pukul 08.00-selesai di Gedung Gastonomi.

9. Malam Puncak Acara HKG ke-52 PKK, pengumuman pemenang lomba sekaligus pemberian apresiasi pelaksana dan program unggulan dan kegiatan yang telah dilakukan baik kelompok maupun perorangan pada 16 Mei 2024 pukul 18.00-selesai di Taman Balekambang.

 

 

(*)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *