Eks Penyidik Sebut Siapa Saja Bisa Daftar Jadi Capim KPK, Termasuk Irjen Karyoto

Liputan6.com, Jakarta – Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo mengatakan bahwa berdasarkan undang-undang, siapa saja dapat mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan (Capim) KPK, baik itu berlatar belakang Polri, Kejaksaan, hingga akademisi, atau profesional.

Termasuk kabar Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto yang merupakan mantan Deputi Penindakan KPK, disebut berkeinginan ikut mendaftar.

“Ya kita lihat aja nanti. Daftar atau enggak (Irjen Karyoto). Siapa pun bisa untuk menjadi Capim KPK sesuai syarat administratif dalam UU Nomor 19 Tahun 2019,” tutur Yudi kepada wartawan, Jumat (10/5/2024).

Menurutnya, calon pimpinan KPK yang diseleksi tahun 2024 ini harus jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Mereka harus memiliki rekam jejak yang baik dan berintegritas, serta tidak membuat kontroversi dalam memimpin lembaga antirasuah.

“Yang penting sebenarnya adalah Pimpinan KPK kedepan harus berintegritas, tidak mempunyai permasalahan etik di masa lalu, dan bukan pembawa masalah di KPK kelak,” jelas dia.

Yudi menilai, Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK tahun 2024 ini akan menjadi sorotan publik. Sebab, harapan pemberantasan korupsi di Indonesia ke depan juga ditentukan oleh Pansel Capim KPK.

Dia berharap, jangan sampai proses seleksi Capim KPK berulang, seperti terpilihnya Firli Bahuri dan pimpinan KPK di periode tersebut.

“Kita tahu bahwa pansel yang lalu, yang memilih Firli dan kawan-kawan, ternyata pilihan mereka dari 10 dan 5 dipilih DPR, ternyata malah membuat permasalahan di KPK. Bukannya menjadi solusi bagi bangsa, malah jadi masalah,” ujar Yudi Purnomo.

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Top 3 News: Kata Jenderal Maruli soal Megawati Minta TNI/Polri Tak Intimidasi Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *