Gelar Halal Bihalal, BSMI Ajak Lembaga Filantropi Indonesia Bangun Rumah Sakit Lapangan di Gaza

Liputan6.com, Jakarta – Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menggelar gathering Palestina, sekaligus halal bihalal dengan para mitra, donatur, dan juga relawan BSMI dukung Palestina, di hotel Oakwood, Jakarta Timur, Minggu (28/4/2024). Dalam forum itu, BSMI mengajak lembaga filantropi lainnya untuk berkontribusi dalam pembangunan rumah sakit lapangan Indonesia untuk warga Gaza.  

Ketua Majelis Pertimbangan Anggota (MPA) BSMI Prof Basuki Supartono mengatakan, rumah sakit berbahan material kontainer tersebut merupakan permintaan Pemerintah Mesir kepada masyarakat Indonesia. 

Basuki mengatakan untuk mewujudkan rencana tersebut, diperkirakan membutuhkan lebih dari  150 kontainer.  Rencananya, material kontainer akan dibuat di Kairo sedangkan penempatannya di Gaza. Sementara itu, salah satu contoh kontainer akan dibangun di Jakarta. 

“BSMI mendesain rumah sakit umum lapangan untuk 100 kamar tidur dan tiga kamar bedah,”ujar Guru Besar Fakultas Kedoktetan UPN Veteran Jakarta ini. 

Basuki merinci,untuk ruang poliklinik misalnya, akan memiliki kontainer berukuran 12,2 x 2,4 meter pengan tinggi 40 kaki. Satu kontainer dengan empat ruang poliklinik tersebut, ujar dia, memiliki estimasi biaya senilai Rp 150 juta. Hanya saja, biaya tersebut belum termasuk dengan kelengkapan medis di dalam ruangan seperti oksigen, tempat tidur, AC, hingga instalasi air bersih dan pembuangan limbah. 

Dia mengaku hingga kini masih menghitung berapa biaya total untuk membangun rumah sakit lapangan disertai perlengkapan medis. 

 

Tim Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) yang sedang berada di Kairo, Mesir, mengonfirmasi jika bantuan sebanyak 32 ton tepung dari masyarakat Indonesia telah berhasil didistribusikan kepada warga di Jalur Gaza.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Siskaeee Ajukan Penangguhan Penahanan ke Polda Metro Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *