JK Sebut Jokowi Bukan Lagi Keluarga PDIP

Liputan6.com, Jakarta – Partai PDI Perjuangan, yang memiliki lambang banteng bermoncong putih, akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V pada tanggal 24-26 Mei 2024. Namun, Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak diundang dalam acara tahunan tersebut.

Menanggapi ketidakhadiran Jokowi, Wakil Presiden ke-10 dan 12, Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK, memberikan responnya. Menurut JK, Jokowi bukan lagi bagian dari keluarga PDIP.

“Itukan yang diundang tergantung yang mengundang, kalau yang mengundang kan internal. Kan Rakernas itu internal, dan tentu Pak Jokowi kan bukan lagi keluarga PDIP kan, bukan Kader PDIP lagi, tentu dia enggak diundang,” kata JK kepada wartawan di kediamannya, Jakarta Selatan, Rabu (22/5/2024).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menjelaskan alasan mengapa partainya tidak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rakernas ke-V PDIP pada tanggal 24-26 Mei 2024. Hasto menegaskan bahwa yang diundang dalam Rakernas PDIP adalah mereka yang menjaga demokrasi, hukum, dan berkomitmen untuk menegakkan hukum.

Rakernas PDIP ke-V ini diselenggarakan dalam semangat reformasi untuk melawan sisi gelap kekuasaan. Di sisi lain, Hasto menyatakan bahwa publik telah menyaksikan bahwa pemilu 2024 merupakan pemilu yang paling brutal.

“Dan itu terekam kuat dalam memori publik. Terekam kuat dari apa yang disuarakan oleh para tokoh-tokoh civil society, para guru besar, para ahli hukum dan para seniman bahkan budayawan yang menyimpulkan bahwa pemilu 2024 merupakan pemilu yang paling brutal dalam sejarah demokrasi Indonesia,” kata Hasto di kantor PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024).

“Diwarnai berbagai bentuk kecurangan yang diawali dengan suatu kontruksi rekayasa hukum di MK,” tegasnya.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Tol Jakarta-Cikampek Mendung dan Berpotensi Hujan, Pemudik Diimbau Jaga Kecepatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *