Jokowi Sebut Stasiun Pompa Ancol Sentiong Bisa Kurangi Banjir di Jakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan salah satu manfaat dari beroperasinya Stasiun Pompa Ancol Sentiong. Selain untuk mengaliri genangan banjir, pompa ini digadang bisa membersihkan sungai atau kali.

Salah satu yang disebut Basuki adalah Kali Item atau Kali Sentiong yang muaranya mengalir ke laut. Dia mengisahkan, Kali Item sendiri jadi tempat mengaliri air dari daerah hulu menuju hilir.

 Sebelumnya, diketahui kalau sungai yang berada di Jakarta Utara ini terlihat berwarna hitam. Kemudian, pemerintah DKI Jakarta juga sempat menutup Kali Item dengan jaring.

“Inilah yang nanti akan kita pakai untuk flushing. Sekarang memang hitam, tapi saya yakin kalau ini bisa kita fungsikan, nggak ada setahun pasti sudah nggak hitam lagi,” kata dia dalam seminar bertajuk Mewujudkan Kota Ramah Air: Tantangan dan Peluang Perencanaan Infrastruktur Wilayah, di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Flushing sendiri bakal jadi satu fungsi dari Pompa Ancol Sentiong yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Basuki membidik, setelah dilakukan flushing, citra Kali Item akan semakin baik atau bahkan jadi jernih. “Jadi nggak perlu ditutup lagi, gak perlu disemprot, gak perlu ditutup lagi, kita flushing untuk bisa kita jernihkan,” tegasnya.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Menhan Prabowo Subianto Serahkan Ratusan Alutsista ke TNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *