Jokowi Singgung Tensi Geopolitik yang Tinggi: Kita Punya Pancasila yang Memandu Arah Bangsa

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimis Indonesia bisa tetap kokoh dan stabil ditengah kondisi geopolitik yang memanas dan ketidakstabilan dunia.

Menurut dia, Indonesia memiliki Pancasila sebagai pemandu arah untuk bertahan ditengah krisis dunia.

“Kita patut bersyukur bahwa negara kita Indonesia tetap kokoh, terus stabil, terus bersatu padu, terus tumbuh ekonominya di tengah gempuran dunia yang penuh dengan ketidakpastian, di tengah dunia yang dilanda berbagai krisis,” kata Jokowi saat memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan, Riau, Sabtu (1/6/2024).

“Dalam geopolitik yang penuh ketegangan dan rivalitas, kita harus selalu optimis karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa,” sambungnya.

Selain itu, kata dia, Indonesia juga memiliki modal sosial, modal budaya yang kokoh, serta sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang melimpah. Untuk itu, Jokowi menekankan Indonesia harus memperkuat kemandirian ekonomi.

“Kita harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) dalam ekonomi,” ujarnya.

Jokowi menyampaikan pemerintah terus memperjuangkan kemandirian ekonomi, salah satunya melalui industrialisasi di dalam negeri dan hilirisasi berbagai sektor. Dia ingin Indonesia dapat mengelola sendiri aset-aset yang dimiliki untuk kemakmuran rakyat.

“Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” jelas Jokowi.

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Jokowi Pulang ke Indonesia Bareng Erick Thohir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *