Kemensos Ubah Nasib Hamdani, Mantan Buruh Angkut Kini Punya Usaha Baru

Liputan6.com, Banjarbaru – Wajahnya cerah. Senyum tipis tersungging di wajahnya. Hamdani (54) kini tak murung lagi. Ia optimistis kehidupannya akan lebih baik setelah dibantu Kementerian Sosial (Kemensos) untuk modal usaha.

“Saya akan mencoba berjualan baju,” kata Hamdani penuh rasa optimis.

Hamdani adalah warga Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Hidup Hamdani sempat terpuruk setelah kepergian istri tercintanya. Dari pernikahannya selama 27 tahun, Hamdani memiliki lima orang anak, dan dua diantaranya masih belia Salwa (6) dan Salma (4).

Semula Hamdani bekerja sebagai pendulang intan. Selama berjam-jam ia harus beredam serta berdiri di sungai sesekali membungkuk untuk mendulang intan. Bertahun-tahun bekerja pendulang intan karena kondisi fisik dan kesehatannya yang tidak memungkinkan.

Untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari Hamdani dibantu oleh ketiga anaknya yang sudah dewasa. Meskipun tidak besar, tetapi cukup untuk makan. Sedangkan untuk mengurus pekerjaan rumah, seperti memasak dan mencuci, Hamdani dibantu oleh Nispahani (26), anak nomor dua yang sudah menikah dan tinggal tidak jauh dari rumah Hamdani bersama suaminya dan anak-anaknya.

Hamdani juga mengeluhkan sakit di bagian pinggang karena riwayat pekerjaan sebelumnya sebagai buruh angkut dari hasil penyemaian bibit pohon. Ia juga kesulitan untuk diajak berkomunikasi dikarenakan tidak mampu mengingat kondisinya di masa lalu.

“Bapak juga kurang bersosialisasi sama warga sekitar, kesehariannya cuma dirumah setelah ibu meninggal,” ucap Nispahani.

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Cegah Macet di Libur Panjang, Polisi Terapkan One Way di Jalur Puncak Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *