Ketua Umum PP Muhammadiyah Harap Pemilu Perkuat Nilai-Nilai keindonesiaan

Liputan6.com, Jakarta Pemilu 2024 tengah bergulir. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir berharap kontestasi pemilihan umum (pemilu) presiden dan legislatif harus lah memperkuat nilai-nilai keindonesiaan, bukan sebaliknya.

“Kontestasi pemilu presiden maupun pemilu legislatif diharapkan berlangsung memperkuat nilai-nilai dasar keindonesiaan,” kata Haedar Nashir di Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis 28 Desember 2023.

Dia lalu mengingatkan soal kegigihan para pendiri bangsa dalam membangun nilai-nilai dasar keindonesiaan. Menurut dia, para pendiri negara sangat serius menyiapkan Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat.

Oleh karena itu, penting bagi para elite dan kontestan yang maju dalam Pemilu Presiden (Pilpres) maupun Pemilu Legislatif (Pileg) untuk mengingat kembali sejarah berdirinya Indonesia. Dengan demikian, diharapkan dinamika politik yang terjadi pada Pemilu 2024 benar-benar menjaga marwah bangsa.

Dia mengaku sangat tidak ingin menyaksikan pemilu mendatang berlangsung pragmatis dan oportunistik. “Yaitu pemilu yang hanya mencari menang,” ujar Haedar.

Menurut Haedar, penting diperhatikan adalah apa yang dilakukan setelah menang atau terpilih nanti. “Kita kan tidak mungkin menyerahkan nasib 200 juta lebih penduduk kepada elite yang hanya asal menang,” lanjut dia.

Dia menerima bahwa memang dalam pemilu pasti ada pemenangnya. Namun, kata dia, siapapun yang menang itu memang memiliki kemampuan kenegarawanan.

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Survei: Lebih dari 60% Publik Puas Atas Kinerja Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *