Kloter Pertama Jemaah Haji Diberangkatkan, Menag Yaqut Cek Fast Track Keimigrasian Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas 388 jamaah calon haji kloter pertama Indonesia yang diberangkatkan ke Tanah Suci. Menag pun mengecek layanan fast track keimigrasian Arab Saudi, untuk mempermudah perjalanan para jamaah, Minggu (12/6/2024) dini hari.

Sebanyak 388 jamaah calon haji berasal dari embarkasi Jakarta yang sekaligus menjadi penerbangan haji perdana di tahun 2024.

Menteri Agama Yaqut Chalil Qoumas juga mengungkapkan, untuk tahun ini jamaah calon haji yang terbang melalui Bandara Soekarno Hatta akan melewati Makkah Route.

Dimana, pada proses pemeriksaan keimigrasian oleh pemerintah Arab Saudi dilakukan sebelum jamaah masuk ke pesawat. Proses ini merupakan salah satu upaya untuk mempermudah jamaah calon haji yang masih didominasi oleh lansia.

“Tadi kita sudah lihat sendiri di Bandara Soetta sudah ada layanan fast track yang disediakan oleh pemerintah Arab Saudi. Tadi saya lihat pemeriksaannya tidak lebih dari dua menit, jadi sangat membantu proses keimigrasian,” ujarnya.

Tak hanya ada di Bandara Internasional Soekarno Hatta, layanan fast track Mekkah Route ini juga sudah ada di Solo dan Surabaya. Layanan fast track ini memungkinkan jamaah calon haji bisa langsung menuju penginapan tanpa melewati pemeriksaan keimigrasian begitu tiba di Makkah.

“Tahun lalu baru ada satu di Jakarta, tapi hari ini kita diberi keleluasaan oleh pemerintah Arab Saudi dengan menambah fast track lagi di embarkasi Solo dan di embarkasi Surabaya,” katanya.

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Top 3 News: Kata Jenderal Maruli soal Megawati Minta TNI/Polri Tak Intimidasi Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *