Menko Muhadjir: Puncak Mudik Lebaran Diprediksi 5-8 April 2024, Naik 50 Persen

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, pemerintah telah memprediksi Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah akan jatuh pada Rabu 10 April 2024.

Prediksi itu disampaikan Muhadjir Effendy sejalan dengan paparan persiapan yang disampaikan setelah rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (25/3/2024).

“Idul Fitri hampir bisa dipastikan jatuh tanggal 10 April 2024. Nanti kalau ada pertanyaan silakan ditanyakan kepada Pak Wakil Menteri Agama,” ujar Muhadjir.

Menko PMK ini menjelaskan, setelah adanya prediksi tersebut, maka pemerintah menyusun sejumlah persiapan untuk mengawal 193 juta orang yang akan melangsungkan mudik.

Arus mudik diprediksi jatuh pada 5-8 April 2024, sedangkan arus balik diperkirakan terjadi pada 13 sampai 16 April 2024.

Pada kesempatan itu, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, meski Idul Fitri diprediksi jatuh pada 10 April, pemerintah akan tetap menggelar sidang isbat pada 9 April 2024.

“Dengan kondisi seperti itu insyaallah di hari raya Idul Fitri akan dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh umat muslim di Indonesia. Tapi kita konfirmasi kembali dengan sidang isbat pada 9 April di Jakarta,” kata dia.

Adapun rapat koordinasi lintas sektoral ini dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan dihadiri petinggi dari kementerian dan lembaga terkait.

Terlihat hadir di lokasi, Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan pejabat utama BNPB, BMKG, hingga kementerian/lembaga terkait.

Quoted From Many Source

Baca Juga  5 Lokasi Pelayanan SIM Keliling di Jakarta Sabtu 7 Oktober 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *