Rawan Pelanggaran Imigrasi, Pengawasan WNA di Bandara Soetta Diperketat Saat Malam Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta (Soetta) memperketat pengawasan lalu lintas Warga Negara Asing (WNA) di Bandara Soetta pada malam tahun baru 2024, Minggu 31 Desember 2023.

Pasalnya, pada malam pergantian tahun, dikhawatirkan ada WNA yang masuk ke wilayah Indonesia tidak sesuai dengan aturan keimigrasian. Sebab, periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) merupakan waktu yang rawan terjadinya pelanggaran imigrasi.

“Saat seperti inilah menjadi rawan terhadap usaha-usaha pelanggaran keimigrasian, karena perlintasan memasuki masa puncaknya dari libur Nataru. Ini yang harus diantisipasi,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Subki Miuldi pada Senin (1/1/2024).

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta melalui Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) melakukan siaga penuh dan pengetatan selama periode Nataru.

Seluruh anggota Bidang TPI disiagakan selama periode libur Nataru yang telah dimulai sejak 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mendatang. Bahkan mereka juga melakukan pendampingan pelintas autogate hingga pengaturan antrean secara langsung.

Tepat pada malam pergantian tahun, Kepala Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta melakukan pemeriksaan paspor secara langsung terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) pelintas pertama yang memasuki wilayah Indonesia di Tahun 2024. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami beban kerja yang dipikul oleh petugas Imigrasi dalam menjaga amanah kedaulatan negara. 

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Ada Debat Cawapres di JCC Senayan, Ini Rencana Pengalihan Arus Lalu Lintas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *