Survei Poltracking: PDIP – Gerindra Tertinggi, PPP dan PSI Terancam Gagal ke Senayan

Liputan6.com, Jakarta – Poltracking Indonesia menggelar survei bertajuk ‘Pengaruh Jokowi dan Migrasi Pemilih Terhadap Peta Elektoral Terkini’. Dalam survei tersebut, PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra menjadi dua partai yang memperoleh elektabilitas tertinggi.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyebut, dalam simulasi surat suara partai politik, PDIP menempati urutan nomor satu disusuh oleh Partai Gerindra dan Golkar yang menempati urutan nomor dua dan tiga.

“PDIP memperoleh elektabilitas 22,2%, diikuti Partai Gerindra 18,3%, Partai Golkar 9,8%, PKB 9,4%, Partai NasDem 8,5%, Partai Demokrat 5,8%, PKS 5,1%, PAN 4,5%,” ujar Hanta Yuda dalam pemaparan surveinya, Senin (11/12/2023).

Hanta menyebut, partai di luar itu mendapatkan elektabilitas di bawah 4%, alias tidak memenuhi parliamentary threshold 4 persen. Partai yang terancam tk bisa masuk ke Senayan itu di antaranya PPP, PSI, hingga Perindo.

Hanta menyebut, dalam surveinya PPP hanya mendapatkan elektabilitas 3,4%, sementara Perindo 1,5%.

“Sementara partai politik lainnya masih di bawah 1 persen,” kata dia.

Meski demikian, dia mengatakan, partai politik yang memiliki elektabilitas di atas 1,5% masih berpotensi masuk ke parlemen.

Menurut dia, semua itu tergantung para calon anggota legislatif meyakinkan masyarakat untuk memilih partai mereka.

“Faktor kerja-kerja mesin politik partai politik dan pergerakan para calon anggota legislatifnya pada masa kampanye akan sangat menentukan lolos atau tidak sebuah partai politik ke parlemen,” kata Hanta.

Sebelum masa kampanye dimulai, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 digelar di kantor KPU dan dihadiri seluruh pasangan capres-cawapres. KPU juga menerima Piagam Penghargaan Rekor dari Museum Rekor Indonesia terkait rekor parade kirab bendera parpol …

Quoted From Many Source

Baca Juga  VIDEO: Gibran Rakabuming Raka Bagi-Bagi Buku dan Susu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *