Bank Indonesia Uji Coba QRIS Antarnegara Indonesia-Singapura Mulai Hari Ini

Tak Berkategori

Losergeek.org, Jakarta – Bank Indonesia (BI) melakukan uji coba kerja sama pembayaran QRIS antarnegara dengan Singapura mulai Kamis, 17 Agustus 2023. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan uji coba dengan Singapura dilakukan menyusul keberhasilan implementasi QRIS antarnegara dengan Thailand dan Malaysia.

“Kami sudah sepakat antara Bank Indonesia dengan Monetary of Singapore untuk uji coba, sehingga ini juga menyasar UMKM dan mendorong pertumbuhan pariwisata,” tutur Perry Warjiyo dalam press statement di Komplek BI pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Perry Warjiyo menuturkan, uji coba QRIS antarnegara ini turut melibatkan industri dari Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan Network for Electronic Transfers Singapore (NETS). 

Adapun sebelumnya, BI bersama Bank of Thailand lebih dulu meresmikan implementasi QRIS antarnegara pada 29 Agustus 2022.  Kerja sama tersebut diawali fase uji coba pada 17 Agustus 2021. Sementara implementasi QRIS antarnegara kerja sama dengan Malaysia resmi diluncurkan mulai 8 Mei 2023. Peluncuran itu menindaklanjuti fase uji coba yang berhasil dilakukan sejak 27 Januari 2022.

Mengutip siaran pers dari laman BI,  dengan QRIS antarnegara, maka transaksi antarnegara tidak perlu lagi mengkonversi atau menukarkan mata uang lagi saat berbelanja di negara yang dikunjunginya. Transaksi cukup dengan memindai kode QR. 

Dengan begitu, pembayaran atas transaksi yang dilakukan wisatawan asing di Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QRIS merchant Indonesia dengan menggunakan aplikasi pembayaran negaranya. 

Sebaliknya, pembayaran atas transaksi wisatawan Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QR standard negara yang dikunjunginya dengan menggunakan aplikasi pembayaran Indonesia. 

Pilihan Editor: BNI Buka Lowongan Kerja 3 Posisi Officer Development Program (ODP), Ditutup 31 Agustus dan 7 September



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *