BCF-Kadin Indonesia Perkenalkan Rontgen Terintegrasi AI untuk Cepat Deteksi TBC

Tak Berkategori

Senin, 21 Agustus 2023 – 13:27 WIB

Medan – Pada hari akhir pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dan screening TBC di Universitas Sumatera Utara, Bakrie Center Foundation bersama Kadin Indonesia memperkenalkan penggunaan rontgen yang terintegrasi Artificial Intellegence (AI) agar dapat digunakan untuk pemeriksaan lanjutan bagi mahasiswa yang terduga TBC. Pelaksanaan rontgen dengan menggunakan AI ini turut didukung oleh stakeholder lainnya yakni DELFT Imaging, Klinik Anugerah Ibu, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk, PT Bumi Resources Minerals Tbk, dan PT Dairi Prima Mineral. 

Baca Juga :

Lewat Fun Walk, Rektor USU Ingatkan Jangan Sampai Terpecah Belah di Tahun Politik

Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., pun ikut melakukan peninjauan langsung proses screening TBC mahasiswa baru USU. Ia menuturkan akan ada tindak lanjut dari pihak universitas jika menemukan mahasiswa yang terindikasi positif TBC.

Rektor USU, Muryanto Amin

Rektor USU, Muryanto Amin

Baca Juga :

Universitas Sumatera Utara Ajak Mahasiswa Baru Mengetahui Lebih Banyak tentang TBC

“Ini penting untuk menunjukkan ketahanan kesehatan mahasiswa. Kalau dia gak sehat bagaimana dia mau belajar nanti. Kalau ada penyakit lain langsung juga akan di rawat jalan. Nah, kalau untuk TBC ini kan pasti lebih lagi penangannya,” kata Muryanto pada wartawan, Rabu (16/8/2023).

Ia mengatakan, kegiatan kegiatan skrining ini baru pertama kali digelar untuk antisipasi adanya penyakit TBC. “Skrining ini baru pertama kali digelar disini dan ini hasil kolaborasi dengan berbagai pihak,” katanya.

Baca Juga :

Universitas Sumatera Utara dan Bakrie Center Foundation Gelar Screening TBC untuk Mahasiswa

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan dalam kegiatan tinjauan screening TBC pada kalangan mahasiswa baru USU (16/8). Ia menyatakan optimismenya bahwa Sumatera Utara bisa mencapai eliminasi TBC pada tahun 2028.

Halaman Selanjutnya

“Dengan kerja sama seluruh pihak, seperti yang diinisasi oleh BCF kemudian terlibat pula seluruh stakeholder, saya optimis Sumatera Utara bisa mencapai eliminasi TBC pada tahun 2028. Ini merupakan bentuk dukungan kepada kami di daerah, untuk bisa mensukseskan target nasional eliminasi TBC,” ujar Alwi.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *