DKI Jakarta Ingin Perumda Paljaya Jadi Operator Pengelolaan Air Limbah

Tak Berkategori

Losergeek.org, Jakarta – Kepala Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Provinsi DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono mengatakan pihaknya ingin Perumda Paljaya menjadi operator pengelolaan limbah jaringan perpipaan Jakarta Sewerage System (JSS) Zona 1 sesuai kegiatan usaha dan kompetensi, serta pengalaman.

“Perumda Paljaya memiliki kemampuan dan reputasi baik dalam mengelola air limbah di Jakarta. Contoh pengelolaan di zona 0 (Setiabudi dan sekitarnya). Untuk itu, Perumda Paljaya siap sebagai operator dalam mengelola JSS Zona 1,” kata Nasruddin Djoko Surjono dalam keterangan tertulis, Senin, 7 Agustus 2023.

BP BUMD DKI Jakarta menyarankan Perumda Paljaya untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) kompeten, serta sarana penunjanh sesuai kebutuhan.

“Kami juga meminta Perumda Paljaya juga melakukan kajian kelayakan bisnis untuk menghitung potensi pendapatan dan beban operasi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, BP BUMD turut meminta Paljaya mengkaji besaran tarif layanan yang akan dikenakan kepada calon pelanggan.

Paljaya diminta bekerja sama dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta dan organisasi perangkat daerah untuk menyusun kebijakan regulasi dalam pengelolaan JSS Zona 1.

Iklan

Sebab, JSS Zona 1 potensial akan memberikan pemasukan bagi Perumda Paljaya dan memberikan PAD (deviden) kepada Pemprov jika secara perhitungan pendapatan dan beban operasinya masih terdapat selisih laba positif atau keuntungan.

Sebelumnya, Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Ismail, memberikan dukungan agar nantinya Perumda Paljaya bisa menjadi operator pengelolaan limbah jaringan perpipaan Jakarta Sewerage System (JSS) Zona 1.

Ismail mengatakan, Perumda Paljaya merupakan BUMD yang mendapatkan penugasan dalam hal pengelolaan atau penanganan limbah di Jakarta.

“Agar bisa optimal dan akuntabel, sebaiknya pengelolaan JSS Zona 1 diserahkan ke Perumda Paljaya. Sehingga, pertanggungjawabannya jelas dan terukur dalam pengelolaannya,” ujar Ismail, Sabtu, 5 Agustus.

Pilihan Editor: JIS, TIM, Equiestrian dan Velodrome Disebut Salah Sejak Lahir, TGUPP Era Anies Angkat Bicara



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *