Waktu Tempuh Bumi-Bulan Bisa Dilakukan Kurang dari 40 Menit

Tak Berkategori

Sabtu, 12 Agustus 2023 – 10:26 WIB

VIVA Tekno  – Bulan sedang menjadi ‘primadona’ bagi sejumlah negara. Amerika Serikat (AS) bahkan berniat melakukan perjalanan kembali ke sana setelah misi berawak terakhir, Apollo 17 pada tahun 1972.

Baca Juga :

Butuh Waktu Berapa Lama untuk Perjalanan ke Bulan?

Lalu sebenarnya, berapa lama waktu yang ditempuh untuk perjalanan ke Bulan? Mungkin jawabannya akan berbeda, tergantung teknologi pada kendaraan dan jarak Bulan dengan Bumi saat misi berlangsung.

Sementara itu waktu perjalanan rata-rata ke Bulan menggunakan roket pendorong sekitar tiga hari. Ini merupakan penerbangan tercepat tanpa henti yang pernah dicapai, diraih oleh wahana New Horizons NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa), hanya 8 jam 35 menit saat menuju ke Pluto.

Baca Juga :

Pertama Kalinya Setelah 47 Tahun , Rusia Luncurkan Roket untuk Misi ke Bulan

Saat ini, penerbangan berawak tercepat ke bulan adalah Apollo 8. Pesawat ruang angkasa memasuki orbit bulan hanya 69 jam 8 menit setelah peluncuran, menurut NASA.

Untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Bulan, pertama-tama kita harus mengetahui seberapa jauh jaraknya.

Baca Juga :

Coming Soon! Fenomena Astronomi Hujan Meteor Pekan Ini

Bumi dan Bulan.

Jarak rata-rata antara Bumi dan bulan adalah sekitar 238.855 mil (384.400 kilometer), menurut NASA. Namun karena Bulan tidak mengorbit Bumi dalam lingkaran sempurna, jaraknya dari Bumi tidak konstan.

Halaman Selanjutnya

Pada titik terdekatnya ke Bumi — dikenal sebagai perigee — bulan berjarak sekitar 226.000 mil (363.300 km) dan pada titik terjauhnya — dikenal sebagai apogee — jaraknya sekitar 251.000 mil (405.500 km).

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *