Waspada Dampak El Nino, Petani Rorotan: Jangan Dibiarkan Sendiri Menghadapi Kekeringan

Tak Berkategori

Losergeek.org, Jakarta – Waspada kekeringan dampak El Nino, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Maju di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara minta bantuan Pemprov DKI Jakarta. Petani minta pemerintah turun tangan menangani pengairan 300 hektare sawah garapan mereka di Rorotan. 

Ketua Gapoktan Maju Sirojuddin Abbas mengatakan, Jakarta punya lahan pertanian seluas  300 hektare di Jakarta Utara. “Harapannya petani jangan dibiarkan sendiri menghadapi kekeringan,” kata Sirojuddin di Jakarta Utara, Kamis, 10 Agustus 2023, seperti dikutip dari Antara.

Sirojuddin menyatakan sawah Rorotan dapat menghasilkan 6 ton padi per hektare. Hasil sawah itu berperan dalam ketahanan pangan Jakarta.

Pada saat ini, dampak El Nino sudah terlihat di lahan persawahan di Rorotan. Tanah mulai retak-retak akibat kekurangan air. “Saya baru tanam umur sembilan hari, kondisinya kekurangan air parah,” kata Abbas.

Ketua Gapoktan Maju itu berharap pemerintah bekerja sama dengan petani menormalkan saluran air di sekitar Rorotan agar bisa digunakan untuk mengairi sawah.

Dia mengatakan, petani tidak bisa sembarangan mengambil air dari aliran kali terdekat, misalnya dari Kanal Banjir Timur. Alasannya, mereka terbentur urusan regulasi.

Pemprov DKI diharapkan bisa membuat saluran air ke persawahan tanpa menimbulkan banjir ketika musim hujan tiba.

Para petani di Rorotan, kata Sirojuddin, berharap sawah mereka bisa dikhususkan sebagai sentra ketahanan pangan daerah. Meski lahan itu lebih banyak ditangani oleh petani penggarap, kelompok tani itu berusaha melindungi sawah dari ancaman alih fungsi lahan. Pengembangan kawasan hunian mulai merambah Rorotan.  

“Lahan di sini sangat subur, jadi kalau bisa untuk pihak Pemda terkait, khususnya di Utara ini, mau mempertahankan kondisi lahan karena banyak manfaatnya. Pertama buat paru-paru kota, dan kedua mungkin juga bisa menanggulangi banjir musiman,” ujarnya. 

Stok Pangan Jakarta Aman untuk Hadapi Dampak El Nino

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati menyatakan stok pangan aman untuk menghadapi dampak El Nino. Fenomena cuaca itu biasanya menyebabkan terjadinya kemarau panjang. 

Suharini mengatakan, meski sumber pangan Jakarta berasal dari daerah penyangga dan daerah lain, sudah ada kerja sama pengadaan stok pangan.

Iklan

“Sejauh ini 98 persen pangan Jakarta itu kan berasal dari luar,” kata Suharini di Jakarta, 30 Juli lalu. 

Selanjutnya stok pangan dijamin aman….



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *